SEPUTAR KEGIATAN

Rabu, 19 Oktober 2011

Mantan Komandan Paspamres Jadi Ketua BIN



Letjen TNI Marciano Norman Kepala BIN

Letnan Jenderal (Letjen) TNI Marciano Norman dipilih Presiden Soesiloe Bambang Yudhoyono (SB) menggantikan Jenderal Polisi Purnawirawan Sutanto. Pergantian ini dilakukan SBY dalam keputusanya meresufel kabinetnya. Marciano Norman merupakan putra kelahiran Banjarmasin, 28 Oktober 1954 lalu .

Sebelumnya ia sempat menjabat Panglima Daerah Militer Jaya / Jayakarta (Pangdam Jaya) menggantikan Mayjen TNI Darpito Pudyastungkoro pada tanggal 29 Juni 2010 . Sebelum menjabat sebagai Pangdam Jaya, Mayjen TNI Marciano Norman adalah komandan Pasukan Pengaman Presiden sejak tahun 2008.

Jabatan lain yang pernah dipegangnya adalah Direktur Analisa Lingkungan dan Strategi (Diranlingstra) di Kementerian Pertahanan. Ia adalah lulusan AKABRI 1978. Kariernya diawali sebagai Danton Yonkav-7/Sersus. Ayahnya, Mayjen TNI (Purn) Norman Sasono, adalah juga mantan Danpaswalpres (sekarang Danpaspampres) dan Pangdam Jaya. Saat ini menjabat sebagai Dankodiklatad.

Beliau seangkatan dengan Letjen TNI Budiman (Lulusan Terbaik Akabri 1978 berasal dari Corps Zeni) yang merupakan Wakasad. Juga satu angkatan dengan Mayjen TNI Geerhan Lantara yang menjabat Pangdam XII/Tanjungpura.

Letnan Jenderal Marciano Norman memiliki kekayaan miliaran rupiah. Marciano yang ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu pernah melaporkan hartanya ke Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) pada 19 Juni 2009 dan 2 Agustus 2010.

Pada 2009, kekayaan Marciano mencapai Rp8,946 miliar. Harta itu terdiri dari harta tidak bergerak senilai Rp6,444 miliar, kendaraan Rp84 juta, dan logam mulia senilai Rp2,415 miliar. Pada 2010, harta Marciano bertambah menjadi Rp9,021 miliar.

Marciano ditunjuk menjadi Kepala BIN menggantikan Jenderal Polisi (Purn) Sutanto. Hari ini, dia dipanggil menghadap SBY di Kantor Presiden, Jakarta. Di tubuh TNI AD sendiri, Marciano pernah menjabat di sejumlah posisi penting.(wikiipedia/inilah.com Foto : Pos Kota)

0 komentar:

Posting Komentar