SEPUTAR KEGIATAN

Selasa, 27 September 2011

16 Pesawat Super Tucano akan Lengkapi Pertahanan Udara

Indonesia akan menambah kekuatan satu skadron pengamanan udara dengan kehadiran sebanyak 16 pesawat tempur Super Tucano A29 mulai Maret 2012. Tahap pertama diawali dengan kedatangan empat unit pada Maret 2012. Pesawat tempur Super Tucano ini datang untuk menggani pesawat tempur Oviten-10F Bronco di Lanud Abdurrahman Saleh, Malang.

Skadron 21 Lanud sudah mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung untuk menyambut pesawat tempur Super Tucano. Beberapa pilot TNI AU ada pula yang dilatih di Brasil untuk meningkatkan kemampuan mengawaki Super Tucano ini"Pilot-pilot kita sudah siap, hanya butuh adaptasi saja dari Oviten," kata Bambang. .Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Bambang Samudro di Lanud Adisutjipto, Kamis (30/6) yang dikutip dari situs Rupublika.

Dengan penambahan satu Skadron di Lanud Abdurrahman Saleh, Malang. Pesawat tempur Super Tucano ini memperkuat kedaulatan udara NKRI, khususnya di Indonesia bagian timur.Bambang mengatakan, pesawat tempur Super Tucano ini selain dilengkapi persenjataan juga memiliki kemampuan melakukan pemantauan wilayah. Oleh karenanya, pesawat tempur Super Tucano ini turut menjalankan tugas pemantauan wilayah perbatasan untuk memastikan tidak ada pelanggaran batas negara oleh pihak lain.

Pesawat Super Tucano memiliki kelebihan misi operasi taktis dalam membantu pasukan darat. Pesawat ini memiliki propeler mesin tunggal, tapi mampu menembakkan asap ke darat secara cepat untuk menunjukkan posisi musuh, sehingga bisa diteruskan untuk misi udara. Pabrik pembuat pesawat ini adalah Empresa Brasiliera de Aeronautica. (Foto : Newstube Online)

0 komentar:

Posting Komentar